Kamis, 04 Juni 2015

Categorized |

fungsi dan efek hormon estrogen pada ibu hamil

04.20

Fungsi dan Efek Hormon Estrogen Pada Ibu Hamil

hormon estrogen pada ibu hamil
hormon estrogen pada ibu hamil
Berikut ini akan dibahas mengenai fungsi dan efek hormon estrogen pada ibu hamil. Pada saat hamil, ibu hamil akan mengalami atau merasakan beberapa perubahan di setiap tahapnya. Contohnya saja pada triwulan pertama, ibu hamil akan merasa mudah lelah dan mual. Selanjutnya pada triwulan kedua, ibu hamil akan merasakan kebahagiaan serta kenyamanan saat hamil. Hal ini memang biasa terjadi pada ibu hamil. Yang perlu Anda ketahui, setelah memasuki minggu keempat belas maka ibu hamil akan mulai memproduksi estrogen. Berbeda dengan wanita yang sedang tidak hamil, produksi estrogen bagi ibu hamil lebih banyak bahkan sangat signifikan.
Ini Dia Fungsi dan Efek Hormon Estrogen Pada Ibu Hamil
Meningkatnya produksi hormon estrogen pada wanita hamil ini berperan untuk mempersiapkan serta mendukung kehamilan. Saat hamil, seorang wanita akan mengalami banyak perubahan. Salah satunya yaitu adanya produksi estrogen yang meningkat. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini ada beberapa ulasan yang akan membahas mengenai fungsi dan efek dari hormon estrogen pada bumil:
  • Fungsi dari estrogen yaitu membantu meningkatkan aliran darah dan menjamin janin didalam kandungan akan tumbuh dengan nutrisi yang cukup. Aliran darah ibu hamil yang mengalir ke rahim lebih banyak hingga 10 kali dibanding wanita yang tidak hamil.
  • Selain itu, fungsi hormon estrogen pada ibu hamil lainnya yaitu dapat membantu mempertebal dinding rahim. Bahkan, estrogen juga berfungsi untuk membantu meningkatkan ukuran rahim. Dimana saat janin tumbuh dan bertambah ukuran rahim juga akan meregang menyesuaikannya.
  • Fungsi lain hormon estrogen pada ibu hamil yang meningkat yaitu untuk membantu meningkatkan jumlah sel-sel darah putih yang ada dalam darah. Ini juga berfungsi sebagai sistem imun. Dimana fungsinya yaitu untuk melindungi janin yang masih rentan dari infeksi.
  • Fungsi lainnya yaitu dapat membantu memperkecil kemungkinan adanya pendarahan pada rahim dan juga plasenta yang mempunyai banyak pembuluh darah. Dengan begitu nutrisi untuk janin tetap terjaga dan terpenuhi.
  • Selain itu, fungsi hormon estrogen pada ibu hamil yaitu mengurangi pendarahan pada saat melahirkan.
Jadi secara umum, estrogen tidak hanya berfungsi pada masa kehamilan saja. Tetapi juga sangat bermanfaat pada saat melahirkan. Dengan meningkatnya hormon estrogen pada ibu hamil pada ibu hamil, maka sang ibu maupun sang janin lebih terjaga. Ibu hamil tidak akan mudah lelah ataupun merasa mual. Selain itu janin juga akan tercukupi kebutuhan nutrisinya dan rahim dapat meregang dengan lebih baik. Dengan menaiknya produksi estrogen, anemia pada ibu hamil juga dapat teratasi dengan baik. Pada intinya, estrogen sangat bermanfaat pada masa kehamilan dan juga saat melahirkan.
Dampak negatif yang mungkin diterima oleh ibu hamil yang mengalami naiknya produksi estrogen yaitu adanya gumpalan di beberapa titik tertentu. Contohnya yaitu di kedua tungkai kaki atau di tempat lainnya. Salah satu dampak positif yang dapat Anda lihat dengan menaiknya produksi estrogen dalam tubuh ibu hamil yaitu pada bagian kulit. Dimana kulit ibu hamil akan terlihat lebih berkilau. Selain itu perasaan ibu hamil akan lebih bahagian, penuh dengan semangat dan juga bangga. Hal tersebut merupakan dampak dari kehamilan yang disertai dengan produksi estrogen yang meningkat. Demikian yang dapat disampaikan mengenai fungsi dan efek hormon estrogen pada ibu hamil. Semoga sedikit ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua dan terimakasih telah membacanya.

0 Responses to “fungsi dan efek hormon estrogen pada ibu hamil”

Posting Komentar

iklan

Hasil penelusuran

follower

Translate

Test Footer

Comment

Random Post

Entri Populer

Gazette Edition